PONGGOLISME: Sebuah Prospektus Gerakan Tanpa Batas

PONGGOLISME: Sebuah Prospektus Gerakan Tanpa Batas
Ponggolisme adalah sebuah gerakan yang digagas oleh alumni SMAN 1 Muntilan angkatan 2006 yang bertujuan untuk membersamai dekadensi edukasi dan sosial para almumni yang lambat laun akan merambah ke berbagai bidang kemasyarakatan. Hal ini dilatarbelakangi pesatnya kemajuan masyarakat yang mengharuskan alumni menghadapi dampak globalisasi dan kapitalisme, baik yang positif maupun negatif, khususnya dampak dari maraknya pembembentuk opini dan karakter publik terhadap alumni SMA N 1 Muntilan.

Dampak tersebut dapat berupa ancaman bagi para alumni sehingga menjadikan potret lulusan semakin buram jika tak berkontribusi nyata terhadap alumninya sendiri dan masyarakat. Alumni pun kurang banyak berpartisipasi, sehingga eksistensi alumni seperti mati suri. Baru dewasa ini geliat alumni yang masiv mulai hidup kembali, hal itu ditunjukkan dengan diadakannya reuni yang mampu menyedot perhatian khalayak. Jika alumni mampu memiliki keunggulan dalam kemantaban jaringan yang masiv yang mampu mengumpulkan kembali alumni, maka alumni akan semakin sejahtera dalam berbagai bidang.

Dilihat dari eksistensi komunitas alumni, komunitas alumni angkatan lulus 2006 merupakan salah satu komunitas yang menunjukkan geliat yang konsisten, bukan hanya insidental dan sekedar konsep. Sejak tahun kelulusan, komunitas alumni ini selalu mengadakan kegiatan yang dipusatkan di Sekolah walaupun masih dalam tahap penyesuaian prototype yang selalu direalisasikan.
Komunitas alumni angkatan lulus 2006 ini diberi nama “Sobat Pongol ‘06”. Merujuk dari jejak yang telah direkam, komunitas ini selalu mengadakan berbagai macam kegiatan yang berusaha mengumpulkan teman-teman seangkatan dan diharapkan dapat berkontribusi nyata terhadap alumni lainnya. Mulai dari kegiatan reuni dan buka bersama yang selalu diadakan di sekolah, kunjungan ke beberapa teman yang membutuhkan support ruhiyah, sampai malam penggalangan dana yang diadakan di aula SMA yang hasilnya 100% disumbangkan ke panti asuhan.

Di tahun 2011 ini (5 tahun kelulusan), “Sobat Ponggol ‘06” telah merealisasikan sebuah mimpi yaitu dengan membentuk Sobat Ponggol Foundation (SPF). Harapan dari penyelenggaraan Sobat Ponggol Foundation ini adalah terwujudnya komunitas alumni yang akan bermanfaat bagi alumni itu sendiri dan diharapkan dapat berkontribusi di masyarakat. Memang, SPF ini belum mampu menjadi yayasan yang dapat berdiri secara independent dan diakui oleh khalayak. Namun, kegiatan-kegiatan positif akan selalu tercetus dan direalisasikan karena ada tim inti yang siap berkontribusi.
Walau tercetus dari angkatan 2006, SPF ini tentu bukan hanya milik angkatan 2006. Kami sangat terbuka dengan berbagai macam kontribusi dari alumni lainnya. Terciptanya pengotakan alumni tentu bukan tujuan kami.

Mari kita ciptakan sebuah komunitas alumni yang bukan hanya sekedar insidental, namun komunitas yang masiv sehingga terbangun networking yang kuat antar alumni yang diharapkan dapat berkontribusi nyata terhadap teman sesama alumni!!

Salam ponggolisme!

tulisan ini saya ambil dari teman sesama alumni dan pendiri SPF PONGGOLISME: Sebuah Prospektus Gerakan Tanpa Batas

Satu pemikiran pada “PONGGOLISME: Sebuah Prospektus Gerakan Tanpa Batas

Tinggalkan komentar